Perkembangan fisik peserta didik

Nama: Riadil Jannah 
Nim   : 2303011111
Prodi : pgsd

A. Pengertian fisik peserta didik
     Peserta didik adalah yang pada dasarnya merupakan suatu perubahan-perubahan pada tubuh, otak, kapasitas sensoris dan keterampilan motorik. Perubahan pada tubuh di tandai dengan penambah tinggi dan berat tubuh, pertumbuhan tulang dan otot dan fungsi reproduksi. 

B. Tahap perkembangan peserta didik 
     Tahap perkembangan peserta didik sebagai berikut:
Tahap perkembangan peserta didik ini di bagi menjadi tiga yaitu
1. Tahap awal (kelas 1- 2)
a) perkembangan fisik
   Peserta didik  pada saat ini masih dalam masa proses pertumbuhan dan perkembangan fisik yang pesat. 
b) perkembangan kognitif 
   Peserta didik mulai mengembangkan kemampuan berpikir logis dan abstrak, tetapi masih terbatas. 
c) perkembangan sosial - emosional.
   Peserta didik mulai belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan memahami aturan sosial.

2. Tahap menengah (kelas 3 - 4)
a) perkembangan fisik
   Pertumbuhan fisik peserta didik mulai melambat, tetapi koordinasi motorik mereka semakin baik.
b) Perkembangan kognitif
   kemampuan berpikir logis dan abstrak peserta didik semakin berkembang.
c) perkembangan sosial emosional 
   Peserta didik mulai mengembangkan rasa percaya diri dan kemandirian mereka lebih mampu berinteraksi dengan teman sebaya dan menyelesaikan konflik secara damai

3. Tahap akhir kelas (5 - 6 )
a) Perkembangan fisik 
   Pertumbuhan fisik peserta didik hampir mencapai puncaknya mereka memiliki stamina yang lebih baik dan terampil dalam melakukan aktivitas fisik. 
b) Perkembangan kognitif 
   Kemampuan berpikir logis dan abstrak peserta didik semakin matang mereka mampu memahami konsep-konsep yang lebih abstrak dan menyelesaikan masalah yang lebih kompleks 
c) perkembangan sosial emosional 
   Peserta didik mulai mengembangkan identitas diri dan nilai-nilai moral mereka lebih mampu berinteraksi dengan orang dewasa dan mengambil keputusan sendiri.

C. Faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik 
     Berikut ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi perkembangan fisik peserta didik:
1. Faktor genetik 
    • keturunan 
    • jenis kelamin 
    • faktor genetik lainnya seperti kelainan perkembangan pada fisik.

2. Faktor lingkungan. 
   • nutrisi 
   • Aktivitas fisik 
   • Tidur 
   • Kondisi lingkungan
     Faktor sosial ekonomi

3. Faktor psikologis 
    • stres
    • motivasi 
    • percaya diri 

4. Faktor kesehatan 
    • Penyakit 
    • Kondisi medis

D. Permasalahan perkembangan fisik peserta didik 
     Permasalahan perkembangan fisik peserta didik di SD memang beragam dan perlu mendapat perhatian serius. Berikut beberapa permasalahan yang sering dijumpai:
1. Kurangnya Aktivitas Fisik:
   • Kurangnya Waktu Bermain: Anak-anak SD cenderung menghabiskan waktu lebih banyak di depan layar (TV / handphone) daripada bermain aktif di luar ruangan.
Kurangnya Fasilitas Olahraga: sekolah kekurangan fasilitas olahraga yang memadai, seperti lapangan, alat olahraga, dan ruang olahraga, kurangnya Dukungan Orang Tua

2. Masalah Nutrisi:
   • Kurangnya Asupan Nutrisi Seimbang: Banyak anak SD yang kurang mengonsumsi makanan bergizi seimbang, seperti buah, sayur, dan protein.
Kebiasaan Makan yang Buruk: Anak-anak SD sering mengonsumsi makanan cepat saji, makanan manis, dan minuman manis yang kurang bergizi.

3. Masalah Kesehatan:
   • Stunting: Tinggi badan anak SD yang tidak sesuai dengan usianya.
Kegemukan dan Obesitanse anak SD yang mengalami kegemukan dan obesitas semakin meningkat.

4. Faktor Psikologis:
   • Stres: Anak SD dapat mengalami stres akibat tekanan akademik, masalah keluarga, atau pergaulan.
Kurang Percaya Diri: Anak SD yang kurang percaya diri mungkin enggan berpartisipasi dalam aktivitas fisik.

5. Faktor Lingkungan:
   • Polusi Udara: Polusi udara dapat memengaruhi kesehatan pernapasan dan perkembangan fisik anak SD. Sanitasi yang buruk dapat menyebabkan penyakit infeksi yang memengaruhi kesehatan dan perkembangan fisik.
Masalah kesehatan fisik dapat menurunkan kualitas hidup anak SD, seperti kesulitan belajar, beraktivitas, dan bersosialisasi.

E. Peran penting guru dalam memahami perkembangan peserta didik.
     Peran guru dalam memahami perkembangan peserta didik di SD sangatlah penting, karena guru adalah sosok yang paling dekat dengan anak-anak di lingkungan sekolah. Guru berperan sebagai pembimbing dan motivator semangat siswa dalam belajar, penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, efektif, dan mendukung perkembangan anak secara holistik.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan peserta didik (tugas 1)

Perkembangan kognitif